Hasil gambar untuk guru mursyid bagaikan cermin




Guru Mursyid bagaikan cermin, arti secara dalam adalah Kesadaran Sejati sang guru Mursyid tidak lagi ada kemelekatan pikiran, sehingga sang guru Mursyid telah terbebaskan dari segala penderitaan. Seorang Guru Mursyid yang Kesadaran Sejatinya telah terbina, segala perbuatannya tidak lagi untuk kepentingan pribadinya tetapi demi kepentingan para muridnya.
Walaupun demikian, sangatlah sulit bagi para murid untuk mengerti segala perbuatan gurunya karena Kesadaran Sejati sang guru Mursyid tidak terbatas sedangkan para murid masih terjerat oleh kemelekatan pikiran.
Guru Mursyid adalah cermin, secara Luar berarti segala gambaran yang timbul tentang guru-nya didalam pikiran para muridnya, sebenarnya merupakan pantulan dari jati diri muridnya sendiri.
Bilamana seorang murid menganggap sang guru Mursyid sebagai Syekh, maka murid tersebut akan mendapatkan berkah atau menjadikan dirinya sebagai Syekh. Dan bilamana sang murid menganggap guru-nya sebagai setan, maka murid tersebut akan mendapatkan berkah atau menjadikan dirinya sebagai setan.
Monggo direnungkan !!

Post a Comment